APKLI Rapatkan Barisan Menuju Revolusi Pedagang Kaki Lima Indonesia

Kamis | 13 Januari 2022 | 07:18:27 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta
Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (DPP APKLI) Ali Mahsun, baru-baru ini melantik sekaligus mengukuhkan Hery Haryanto Azumi, selaku Ketua Harian DPP APKLI untuk masa bhakti 2017-2023, bertempat di Lapak PKL Kedai Merapi, Danau Setu, Pedongkelan, Ps Rebo, Jakarta Timur (12/1/2022).

Ketua Umum APKLI, Ali Mahsun berharap sosok Azumi akan mampu mengemban amanah dan tanggung jawab fungsional dari Ketua Umum APKLI dalam rangka mempercepat realisasi Revolusi Pedagang Kaki Lima Indonesia.

Ali Mahsun mengatakan pada kata sambutannya mengatakan, Saya percaya Hery mempunyai jaringan yang luas, tugas dan tanggung jawabnya diantaranya adalah berkomunikasi dengan pemerintah pusat, Gubernur, Bupati/Walikota, Pengusaha, TNI dan Polri dengan satu tujuan yakni PKL diberi hak konstitusional untuk dapat berjualan di negerinya sendiri,* terang Ali Mahsun.

Oleh karena itu, lanjut Mahsun, APKLI akan terus mendorong pemerintah untuk melakukan transformasi secara gradient dengan melibatkan organisasi yang selama ini menaungi mereka, serta yang paling penting adalah anggarannya hendaknya disubsidi oleh APBN untuk pelaksanaan sertifikasi halal, SP. PIRT, dan izin edar bagi 64,5 juta UMKM di Indonesia, jadi harus dibudgetkan oleh APBN sekitar 100-200 Triliun, Indonesia tidak akan bangkrut dengan 100-200 Triliun karena tatkala ini tidak dihadirkan oleh negara maka yang dapat memenuhi syarat INB, SP. PIRT dan Izin edar hanya pemain besar, artinya ekonomi rakyat akan dipaksa dicaplok oleh pemain besar, ini tidak boleh terjadi,* ujar Ketum APKLI ini meyakinkan.

Dikatakannya, tugas Ketua Harian APKLI kedepan akan mengawal Perpu yang akan diterbitkan oleh Presiden Joko Widodo, Mahsun optimis jika Perpu ini terbit maka ekonomi rakyat akan bangkit.

Pada kesempatan yang sama, ketua harian APKLI Hery Haryanto Azumi usai dikukuhkan mengatakan akan melakukan pembenahan disemua hal agar ekositem ekonomi rakyat terbangun.

*Sesuai arahan Ketum APKLI kita akan melakukan pembenahan disemua lini agar pemerintah berpihak kepada rakyat kecil, berpihak kepada pengusaha kecil sehingga tidak terjadi konflik dan ujungnya adalah bagaimana kedaulatan ditangan para pengusaha kecil yang selama ini kurang berkesempatan untuk pemberdayaan ekonomi.* Terang Hery.

Acara pengukuhan ketua harian APKLI bertempat di pinggir danau Setu ini nampak berlangsung meriah, acara inipun diselingi dengan pemberian santunan bagi anak yatim piatu dan juga penyerahan beasiswa bagi anak PKL ditingkat SD, SLTP dan SLTA, termasuk penyerahan bantuan permodalan bagi pedagang asongan. (f/red)