PKRI Rapatkan Barisan, Sistem Satu Komando Terpusat Di Gd Perintis Kemerdekaan RI

Minggu | 19 Desember 2021 | 19:14:10 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta
Jajaran kepengurusan PLT. Dewan Pimpinan Pusat Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) baru-baru ini (18/12) telah dikukuhkan, bertempat di Gd. Perintis Kemerdekaan Jl. Proklamasi No. 56 Jakarta Pusat.

PLT Ketua Umum DPP. PKRI. Toni Gustanto Ratu ketika diwawancara media mengatakan, gelar acara hari ini disamping dalam rangka memperingati hari bela negara ke-73 juga mengadakan rapat pleno Pelaksana Tugas (PLT) Ketua Umum PKRI guna memperkokoh dan mempertajam sekaligus dalam rangka koordinasi dengan seluruh jajaran kepengurusan PKRI agar rantai komando tetap terjaga dan tidak terputus sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga sebagai payung hukum PKRI.

"Hal-hal mengenai kepemimpinan untuk sementara saya mengambil alih tugas dan tanggung-jawab ketua lama berhubung belaiu ketua PKRI telah wafat," ucap Toni Kustanto Ratu usai dikukuhkan sebagai PLT. Ketua Umum PKRI.

Dikatakan Toni, seluruh legalitas keperintisan akan segera diterbitkan dan akan segera pula memberitahukan kepada seluruh jajaran instansi pemerintah baik TNI maupun Polri termasuk instansi pemerintah daerah lainnya.

Ketika ditanya terkait bagaimana kreteria Ketua Umum PKRI ke depan yang diharapkan, Toni Kustanto Ratu mengatakan,
kepemimpiinan kepengurusan PKRI kriterianya antara lain, kepemimpinan perintis hendaknya memiliki SK turunan perintis, di samping itu kreteria lainnya yakni mempunyai didikasi yang tinggi. Siapapun yang menjadi ketua nantinya, ia harus mampu mempersatukan seluruh keluarga besar Perintis Kemerdekaan RI dan komit dalam rangka ikut serta membantu pemerintah menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia secara menyeluruh, tetap mendukung program pemerintah," tegas Toni Kustanto Ratu.

Ke depan seluruh pengurus Daerah PKRI dari Sabang sampai Meraoke nantinya akan merujuk pada satu komando terpusat yakni berpusat di Gedung Perintis Kemerdekaan Jl. Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat.
"Hal-hal terkait organisasi saya pimpin langsung dan akan memberitahukan hal ini kepada seluruh instansi pemerintah," ucap PLT. Ketua Umum.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI) Drs M. Zawawi Suat, SH menambahkan, dengan telah dikukuhkan PLT kepengurusan PKRI yang baru hari ini ia mengharapkan agar estapet kepengurusan tetap kokoh dan semakin solid dalam upaya menjalankan visi misi yakni mendukung program pemerintah di segala bidang.

Dikatakannya tiga hal dalam memperingati hati Bela Negara ke-73 hal-hal yang terpenting dalam upaya membenahi organisasi antara lain, pembenahan infrastruktur baik infra maupun supra, selain itu adanya re-genetasi, termasuk branding Perintis Kemerdekaan yakni bagaimana Perintis Kemersekaan bisa menularkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan untuk tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia," terang PLT Sekjen Zawawi Suat.

Ia berharap kepda Panglima TNI sekarang ini untuk kembali merangkul Papua Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, agar keamanan dan kenyamanan masyarakat di daerah paling timur Indonesia itu juga tetap terjamin dan terpelihara dengan baik," ucap Zawai Suat berharap. (f/red)