Pj Bupati Mempawah Pimpin Sidang GTRA Kegiatan Retribusi Tanah Kab Mempawah TA 2024

Rabu | 10 Juli 2024 | 23:20:24 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Mempawah,--Bertempat di Balai Junjung Titah Kantor Bupati Mempawah, Penjabat (Pj) Bupati Mempawah, Ismail membuka sekaligus memimpin Sidang Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dalam rangka penetapan objek dan subjek Redistribusi Tanah Tahun Anggaran 2024, Rabu (10/7/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah Juli Suryadi, Kepala Kantor Pertanahan Mempawah Marihot Gultom, Kepala OPD terkait dan pihak lainnya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Mempawah Ismail mengatakan bahwa sidang ini merupakan bagian dari tugas Tim Gugus Tugas Reforma Agraria. Ia menjelaskan Redistribusi Tanah merupakan upaya pemerintah untuk memberikan kepastian hukum kepada masyarakat dengan memberikan tanda bukti hak (sertipikat) yang bersumber dari obyek reforma agraria (Tora) kepada subjek Tora dengan pemberian tanda bukti hak.

“Dalam pelaksanaannya di Kabupaten Mempawah obyek tanah reforma agrarian yang dilakukan tahun 2024 bersumber dari Tora hasil pelepasan sebagian kawasan hutan atau yang sering disebut SK Biru,” jelasnya.

“Kita turut berbahagia karena kepastian terhadap tanah-tanah yang dikuasai oleh masyarakat yang selama ini belum dapat dilegalisasi karena masuk dalam kawasan hutan saat ini sudah dapat dilakukan pemberian kepastian hukumnya melalui kegiatan redistribusi tanah yang merupakan salah satu Program Strategis Nasional,” lanjut Ismail.

Hasnan Sutanto