Pemkab Beltim Melalui DPMD Dalduk dan KB Gelar Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester l

Jumat | 05 Juli 2024 | 14:20:51 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan seleksi kasus stunting, Pemkab Beltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMD Dalduk dan KB) menyelenggarakan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester l. Jumat (5/7/2024)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Roni Setiawan memaparkan maksud dan tujuan kegiatan. Dimana menurutnya Diseminasi Audit Kasus Stunting merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan hasil audit terkait kasus stunting kepada pihak terkait guna meningkatkan kesadaran serta upaya penanggulangan terhadap masalah kesehatan tersebut.

Acara ini dihadiri Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar juga oleh berbagai pihak, termasuk Tim Pakar Audit Stunting, BKKBN Beltim, berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Belitung Timur, UPT Puskesmas se - Beltim, serta perwakilan dari Kecamatan se - Beltim seperti Tim Pendamping Keluarga, Pendamping Desa, dan Ketua Pelaksana TPPS Desa.

Pertemuan ini berlangsung di Ruang Satu Hati Bangun Negeri Pemkab Beltim dan menghasilkan output yang sangat berarti dalam upaya penanggulangan kasus stunting.

Dalam pertemuan tersebut, Tim Pakar Audit Stunting menyampaikan hasil audit kasus stunting yang dilakukan, termasuk temuan-temuan penting yang perlu mendapat perhatian serius dari seluruh pihak terkait. Kolaborasi antara berbagai instansi dan pihak terkait, seperti BKKBN Beltim, OPD Pemkab Beltim, serta perwakilan dari Kecamatan, menjadi kunci dalam merumuskan langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah stunting yang telah diidentifikasi.

Output dari pertemuan ini meliputi rekomendasi-rekomendasi strategis yang ditujukan kepada berbagai instansi terkait dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kasus stunting di Kabupaten Belitung Timur. Langkah-langkah konkret dalam peningkatan gizi, kesehatan ibu dan anak, serta pelayanan kesehatan masyarakat menjadi fokus utama dari rekomendasi tersebut.

Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan koordinasi, kolaborasi, dan sinergi antara berbagai pihak dalam upaya bersama menangani masalah kesehatan yang sangat krusial ini. Harapan besar terletak pada implementasi rekomendasi yang dihasilkan dari pertemuan ini, sehingga mampu memberikan dampak positif yang signifikan dalam penurunan kasus stunting di Kabupaten Belitung Timur.

Sebagai Narasumber dr. Edward Haryadi Sp.OG memaparkan terkait stunting beserta pencegahan dan penanggulangannya teruntuk ibu hamil agar bayi yang ada di dalam kandungannya senantiasa tumbuh dengan normal dan sehat terhindar dari stunting terutama saat bayi dilahirkan. Salah satu langkahnya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan kaya nutrisi, dengan startegi pengelolaan makanan yang tepat dan bervariasi.

Selain paparan di atas dalam acara tersebut juga dibahas terkait audit kasus stunting yang berada di Kabupaten Belitung Timur, beserta Rencana Tindak Lanjut (IDAI).

Dengan diadakannya acara tersebut diharapkan pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dapat mempercepat penanggulangan kasus stunting khususnya di wilayah Kabupaten Belitung Timur beserta cara pencegahannya.