Kick Off ILP Digelar Di Pustu Desa Kelubi

Sabtu | 22 Juni 2024 | 08:28:03 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Kelubi, Manggar, Belitung Timur - Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan .

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan dapat dengan mudah menuju ke lokasi.

Pembukaan perdana ILP ini dihadiri oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan) yang sekaligus meresmikan launching ILP di Pustu Desa Kelubi.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan) menyatakan bahwa langkah ini merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan layanan kesehatan yang berkualitas.

" Launching ILP Ini adalah catatan serius pada hari ini. Launching hari ini dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat perlu keterbukaan satu sama lain dan perlu dukungan dari semua institusi," ujarnya.

Aan berharap bahwa program ILP akan mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak yang terlibat mulai dari petugas hingga masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Belitung Timur, Dianita Fitriani, dalam sambutannya menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kesempatan untuk menghadiri acara kick off ILP bagi puskesmas, puskesmas pembantu, dan posyandu di wilayah Kabupaten Belitung Timur.

Integrasi Pelayanan Kesehatan (ILP) Primer adalah Program Prioritas Nasional yang menggunakan pendekatan layanan dengan siklus hidup, mulai dari ibu hamil hingga lansia. Pada tahun 2024, target indikator Puskesmas menerapkan ILP secara Nasional adalah sebesar 40%," terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa sejak triwulan ketiga tahun 2023, Dinas Kesehatan telah melakukan serangkaian kegiatan seperti sosialisasi, advokasi, dan pelatihan tenaga kesehatan. Penerapan ILP merupakan bagian dari transformasi pelayanan kesehatan primer sesuai dengan UU Kesehatan No 17 Tahun 2023.

Program ini berfokus pada tiga hal utama: pemberian layanan berbasis siklus hidup, pendekatan akses layanan kesehatan hingga tingkat desa, dan memperkuat pemantauan wilayah melalui digitalisasi. Pada tahap awal ini, penyelenggaraan ILP akan dimulai di tujuh puskesmas di tujuh kecamatan, serta sejumlah puskesmas pembantu dan posyandu di berbagai desa.

Di antaranya adalah:

- Puskesmas Manggar, Pustu Kelubi, dan 1 Posyandu

- Puskesmas Mengkubang, Pustu Aik Kelik, dan 5 Posyandu

- Puskesmas Kelapa Kampit, Pustu Cendil, dan 6 Posyandu

- Puskesmas Gantung, Pustu Lilangan, dan 4 Posyandu

- Puskesmas Renggiang, Pustu Simpang Tiga, dan 5 Posyandu

- Puskesmas Simpang Pesak, Pustu Batu Itam, dan 6 Posyandu

- Puskesmas Dendang, Pustu Nyuruk, dan 2 Posyandu.

" terima kasih kepada Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, Pemerintah Daerah, Camat, Kepala Desa, serta semua pihak yang telah mendukung program ini," tutupnya.