Pengukuhan Ulang Masa Jabatan 39 Kades Dan 218 BPD

Jumat | 21 Juni 2024 | 20:26:29 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Kepala Desa adalah pemimpin tertinggi di tingkat Desa dalam struktur pemerintahannya. Kepala Desa dipilih langsung oleh Masyarakat Desa melalui pemilihan umum di Desa. Masa jabatan Kepala Desa Semula enam tahun Menjadi Delapan Tahun Masa Jabatan Per-Periode dan dapat diperpanjang untuk satu kali masa jabatan berikutnya jika terpilih kembali.

Tugas dan wewenang Kepala Desa antara lain:
1. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa: Kepala Desa bertanggung jawab atas pelaksanaan pemerintahan di tingkat desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
2. Pembangunan Desa: Kepala Desa merencanakan dan melaksanakan pembangunan di desa yang meliputi berbagai bidang seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.
3. Pembinaan Kemasyarakatan: Kepala Desa berperan dalam pembinaan masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan desa.
Pemberdayaan Masyarakat: Kepala Desa bertugas untuk memberdayakan masyarakat desa agar lebih mandiri dan produktif.

Pengukuhan ulang masa jabatan ini sesuai Amanat Undang Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. yang semula 6 tahun menjadi 8 tahun jabatan kepala Desa dan Anggota BPD. Acara dilaksanakan di gedung Auditorium Zahari MZ. Jumat (21/6/2024).

Pengukuhan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa dan BPD dilakukan oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan)

Aan sapaan Bupati Belitung Timur mengatakan perubahan lama jabatan Kades dan BPD telah sesuai regulasi. Adapun lama jabatan Kepala Desa terbaru selama 8 tahun sejak dilantik. Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Menurut Aan, adanya penambahan lama waktu menjabat merupakan amanah yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

" Karenanya, program pembangunan yang dijalankan dapat dijalankan dengan lebih optimal," jelasnya.

Aan menekankan agar Kades segera berkoordinasi dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat. Di samping itu, program pemdes hendaknya disinkronkan dengan Pemerintah Daerah. Langkah tersebut sebagai bentuk percepatan pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Belitung Timur

" Tujuannya, agar berdampak langsung kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Aan menyampaikan terima kasih atas dukungan Kades dan jajarannya selama 3 tahun terakhir. Berkat kolaborasi bersama Pemdes, program pembangunan dapat berjalan dengan baik dan mendapat sejumlah apresiasi dari pemerintah provinsi maupun pusat.

" Saya berharap kolaborasi ini dapat terus ditingkatkan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belitung Timur. Perpanjangan masa jabatan ini merupakan tanggung jawab besar yang harus anda sekalian emban, untuk memastikan pembangunan desa berjalan dengan baik sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang telah disusun," kata Aan.

Lebih lanjut Aan berharap Kades yang diberikan tambahan waktu untuk mengabdikan diri, mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya yang ada di desa masing-masing. Kades mampu menurut Aan harus membuat kebijakan yang mengacu pada kesejahteraan desa beserta masyarakatnya, terutama terkait kemampuan dan keinovatifan Kades dalam mengelola Dana Desa agar tepat guna sesuai dengan potensi Desanya masing-masing.

" Selain itu, saya juga berharap rekan-rekan BPD untuk mampu menjalankan fungsinya yaitu; membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa serta melakukan pengawasan kinerja Pemerintah Desa," harap Aan.