Bidkeu Polda Kalbar Menggelar Sosialisasi dan Asistensi di Polres Kapuas Hulu.

Senin | 10 Juni 2024 | 22:22:06 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Putussibau-Polres Kapuas Hulu,Polda Kalbar,-- Bidang Keuangan Polda Kalbar menggelar sosialisasi dan asistensi bidang keuangan bertempat di Aula Mapolres Kapuas Hulu. Senin, (10/6/2024).

Kegiatan dipimpin oleh AKBP Tonny Wintara, S.E., M.H. selaku Katim sosialisasi dan asistensi dari Bidkeu Polda Kalbar beserta anggota dan dihadiri oleh Wakapolres, PJU dan Kapolsek beserta anggota.

Dalam sambutannya Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Dahomi Baleo Siregar, S.H. menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran tim dari Bidkeu Polda Kalbar yang melaksanakan sosialisasi dan asistensi di Mapolres Kapuas Hulu ini.

"Polres Kapuas Hulu telah melaksanakan kegiatan kepolisian secara optimal sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang dibuat. Dan kami menyadari bahwa kami masih memiliki kekurangan, mohon arahan dan bimbingan dari Tim terkait pengelolaan anggaran dan sistematis penyalurannya" ucapnya.

Katim Asistensi AKBP Tonny Wintara, S.E., M.H. dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan asistensi ini kami laksanakan guna membantu rekan-rekan sekalian dalam hal pertanggung jawaban keuangan yang telah disalurkan dan yang direalisasikan dalam pelaksanaan tugas kepolisian yang dilaksanakan oleh Polres Kapuas Hulu ini.

"Kami juga mengingatkan bahwa sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Operasi Kepolisian Mantap Praja, harapan kami agar Bag, Sat dan Si saling berkolaborasi menginat kegiatan tersebut sepenuhnya akan didukung oleh anggaran." Ujarnya.

Ia meminta, terkait dengan dana hibah bahwa perinsipnya harus transparan, Akuntabel dan Efektif dalam pengelolaan anggaran.

AKBP Tonny juga menambahkan, Kita juga harus lebih teliti dan berhati-hati juga tidak disertai dengan ikatan politik dan tidak terdapat muatan yang dapat menganggu stabilitas keamanan Negara dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini serta mendukung program pembangunan nasional.

"Bagi anggota yang bertanggung jawab untuk mengelola keuangan di subsatker atau kasium Polsek jajaran agar berpedoman sesuai Perkap Nomor 5 Tahun 2022 dalam mengelola administrasi keuangan dan mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran anggaran kedalam buku kas agar tidak terjadi permasalahan kedepan." Tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi oleh Tim dari Bidkeu Polda Kalbar meliputi modal belanja pegawai dan barang, penerimaan dana hibah Pilkada, pertanggung jawaban keuangan bulanan serta Laporan penerimaan dan penyetoran PNBP.

Hasnan Sutanto