Akademisi Apresiasi Sinergi Lembaga Negara Amankan Bali Jelang Word Water Forum Ke-10 

Senin | 13 Mei 2024 | 12:21:47 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Denpasar
Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Prof. I Nyoman Budiana, mengapresiasi sinergi Lembaga Negara dalam menghadirkan rasa aman dan kondusif menjelang penyelenggaraan World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18-25 Mei 2024 mendatang.

*Semua jajaran aparat keamanan, baik dari TNI, Polri, BNPT, intelijen, dan aparatur pemerintah daerah telah bersatu padu untuk mengatasi permasalahan keamanan di Bali,* kata Nyoman saat dihubungi, Kamis, 9 Mei 2024.

Menurut Nyoman pelibatan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) merupakan upaya yang tepat dari pemerintah dalam pengamanan acara WWF ke-10, peran BNPT dalam mengoordinasikan aparat penegak hukum dan memitigasi potensi aksi terorisme sangat dibutuhkan dalam agenda-agenda kenegaraan seperti forum tersebut.

*Hadirnya BNPT ini untuk mem-back up. Siapa tahu ada entitas yang katakanlah kontra dan resistan terhadap event WWF tersebut,* ujar dia.

*Dengan demikian, kelompok-kelompok yang resistan terhadap event internasional ini bisa dicegah, sehingga keamanan terjaga,* ucapnya.

Nyoman Budiana juga meyakini acara WWF ke-10 bakal berlangsung aman dan lancar, sebab perangkat keamanan lokal Bali atau pecalang juga akan dilibatkan untuk mengawal berlangsungnya acara itu.

 *Local wisdom Bali akan ikut membantu pemerintah agar event tersebut dapat terselenggara dengan tenang, serta berhasil menghasilkan output dan outcome yang bagus buat Bali,* kata Nyoman Budiana.
        
Lebih lanjut Nyoman Budiana berharap perhelatan WWF ke-10 dapat memberikan pembelajaran yang baik bagi masyarakat Bali agar semakin memahami pentingnya pelestarian air.

*Tidak boros air dan melindungi sumber daya air,* ujarnya. (f/red)