Siap amankan Idul Fitri 1445 H, Polres Kapuas Hulu laksanakan Apel Gelar Pasukan.

Rabu | 03 April 2024 | 19:41:21 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Polres Kapuas Hulu Polda Kalbar,-- Dalam persiapan mengamankan hari raya Idul Fitri 1445 H, Polres Kapuas Hulu bersama seluruh stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi Ops Ketupat Kapuas-2024 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H Tahun 2024.

Pelaksanaan operasi ini ditandai dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Polres Kapuas Hulu. Rabu, (3/4/2024).



Hadir pada kegiatan Bupati Kapuas Hulu, Dandim 1206/PSB, Kajari Kab. Kapuas Hulu, perwakilan dari Pengadilan Negeri Putussibau dan Batalyon RK 644/WLS, Kepala OPD Kab. Kapuas Hulu, PJU Polres Kapuas Hulu dan Kapolsek Jajaran.

Hadir sebagai peserta apel Personil Polres Kapuas Hulu dan Polsek Jajaran, Kodim 1206/PSB, Batalyon RK 644/WLS, Satpol PP, BPBD, Dishub, Dinkes dan Saka Bhayangkara.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, S.H., M.H. bertindak selaku pimpinan apel didampingi Forkopimda Kab. Kapuas Hulu membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. mengatakan bahwa pentingnya sinergi antara TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Operasi ini melibatkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut.

Selain mengamankan lalu lintas dan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga harus terjaga.

Koordinasi antar-stakeholder harus ditingkatkan untuk menjaga stok dan harga tetap stabil.

Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman.

"Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan mudik aman, ceria, penuh makna, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum hari raya Idul Fitri,” kata Fransiskus.

Kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat -2024.

Sinergi antar stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Hasnan Sutanto