Bawaslu Babel Siap Berikan Keterangan Terkait Sengketa Hasil Yang Ada

Kamis | 28 Maret 2024 | 09:56:47 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan giat terkait penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024 dengan tema Rapat Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu tahun 2024 bertempat diruang rapat Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Selasa (26/3/2024).

Acara Rapat Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2023 tersebut dihadiri oleh peserta dari media massa lokal sebagai bagian dari upaya memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam proses pemilu.

Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar, mengapresiasi peran media dalam menjaga kondusifitas pemilu di Bangka Belitung.

" Media memiliki peran penting dalam mendukung proses demokrasi, dan kami berterima kasih atas kerjasama yang baik selama ini," kata Osykar.

Rapat tersebut juga menyoroti pleno penetapan hasil pemilu yang berlangsung lancar hingga ke tingkat Nasional, menunjukkan transparansi dan keakuratan dalam proses tersebut.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung EM Osycar yang juga didampingi Rogrius Sinulingga (Kabag pengawasan Bawaslu Provinsi) dan Sahirin (Koordinator Divisi pencegahan Bawaslu Provinsi), kepada awak media (online, elektronik, cetak) mengatakan memang secara hitungan sudah ditetapkan tapi masih menunggu proses jika memang ada sengketa atau ajuan keberatan dari peserta terkait perselisihan hasil pemilihan umum kemarin.

Osykar juga memberikan informasi terkait Pengaduan Hasil Pemilu (PHP) di Bangka Belitung. Saat ini, terdapat dua pemohon yang mengajukan gugatan di DPR RI dan DPRD Provinsi, yang masih dalam proses pemeriksaan di Mahkamah Konstitusi (MK). Bawaslu siap memberikan keterangan terkait sengketa hasil yang ada, menegaskan komitmennya untuk menjaga integritas dan keadilan pemilu kepada masyarakat secara luas.

" Kami sadar tidak bisa mencapai semua lapisan masyarakat maka kami butuh keterlibatan media. Jadi dengan membangun keterlibatan dengan media ini dapat membantu bawaslu dalam menyampaikan banyak hal kepada semua lapisan masyarakat," Terangnya.

Menurutnya, Update terbaru memang untuk Bangka Belitung ada keberatan terhadap hasil pemilihan umum yakni untuk kursi DPR RI dari partai Nasdem dan kursi DPRD provinsi dari Partai Hanura Dapil Bangka barat selanjutnya presiden dan Wakil presiden ada kami terima terkait perbedaan suara sah dan tidak sah suara yang surat suara yang dipakai 2% diperkarakan oleh calon presiden dan Wakil presiden nomor 3 di beberapa tempat detail di TPS secara umum ada tiga kabupaten dua Kabupaten satu kota Kabupaten Pangkalpinang dan Belitung Timur itu yang dipersoalkan.

Pentingnya kerja sama antara Bawaslu dan media massa juga ditegaskan dalam rapat tersebut. Osykar menekankan bahwa kolaborasi erat antara kedua belah pihak diperlukan untuk memastikan pengawasan pemilu yang efektif. Penghargaan yang diberikan oleh Bawaslu RI atas hubungan yang baik dengan media massa menjadi bukti nyata akan pentingnya peran media dalam proses demokrasi.