Masyarakat Desa Jangkar Asam Menyambut Tim Safari Ramadan Pemkab Beltim

Rabu | 20 Maret 2024 | 17:40:38 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Gantung, Belitung Timur - Dihari ke 8 Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah, Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar bersama Tim Safari Ramadhan Pemkab Beltim, terus menjalin silaturahmi, ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah dengan masyarakat.

Setelah malam sebelumnya berkunjung ke Kecamatan Kelapa Kampit, Wabup Khairil Anwar melanjutkan Safari Ramadhan ke Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur yaitu di Masjid Al-Ikhlas, Dusun Gunung Desa Jangkar Asam. Selasa (19/03/2024).

Wabup Khairil Anwar meminta agar warga Kabupaten Beltim lebih banyak memupuk kesabaran di Bulan Ramadan ini. Apalagi saat ini masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tengah diuji dengan kondisi ekonomi yang sedang sulit.

" Dengan kondisi sekarang ini harus banyak-banyak bersabar. Mungkin ini salah satu ujian untuk menambah keimanan kita di Bulan Ramadan ini," kata Khairil.

Wabup Khairil dalam sambutan berpesan juga kepada seluruh masyarakat yang hadir agar tidak lupa menunaikan salah satu Rukun Islam yaitu membayar zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal, yang tentunya akan mensucikan harta serta ganjaran pahala yang berlimpah terutama di bulan suci Ramadan ini.

" Dengan menunaikan zakat fitrah, berarti kita membantu saudara-saudara yang kurang mampu untuk ikut merayakan hari kemenangan nanti," Ujarnya.

Kondisi ekonomi sekarang ini, kata Khairil tetap menjadi fokus perhatian Pemerintah, baik Pemkab Beltim, Pemprov Babel maupun Pemerintah Pusat. Mengingat hal ini akan berimbas pada laju pertumbuhan ekonomi di daerah.

Pemerintah akan mencarikan solusi terbaik bagi masyarakat terutama untuk penambang timah yang ingin menjual hasil tambangnya. Termasuk di antaranya, wacana penjualan timah dari penambangan rakyat yang dilakukan oleh badan usaha koperasi.

" Bukan hanya di kita, Beltim. Seluruh daerah di Babel ini kondisinya sama. Saat ini Pemprov tengah mengkaji wacana penjualan timah tambang rakyat melalui koperasi namun tetap harus sejalan dengan aturan hukum yang ada. Insyallah nanti ada solusi," ungkap Khairil.

Di safari Ramadan di Desa Jangkar Asam ini, Wabup Khairil Anwar memberikan bingkisan Ramadan berupa tiga kipas angin dinding, 4 gulung sajadah, serta satu speaker dan amplifier. Dan dilanjutkan dengan acara buka bersama dengan makan bedulang dengan masyarakat yang hadir.