Ketua Dekranasda KH Menghadiri Pameran Kerajinan International Handicraft Trade Fair di Jakarta

Kamis | 29 Februari 2024 | 07:37:32 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta,--Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu Ny. Angeline Fremalco F.Diaan, S.H., M.H, menghadiri pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024). Rabu 28 februari 2024.

Inacraft 2024 digelar pada tanggal 28 Februari 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Inacraft adalah pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara. Tahun ini, pameran INACRAFT diramaikan oleh 1.500 UKM peserta yang mengisi 1.066 booth dengan 24 island yang terdiri dari 850 anggota ASEPHI, 650 terdiri dari Non Anggota dan Peserta Binaan Kementerian, BUMN, Dinas, dan Dekranasda, termasuk didalamnya dekranasda kabupaten Kapuas hulu dengan produk-produk andalannya berupa kain tenun dan kerajinan tangan lainnya.

Inacraft 2024 juga dihadiri oleh peserta luar negeri yang bertempat di Plenary Hall, seperti, Uzbekistan, Nepal, Thailand, Malaysia, Korea, Jepang, Polandia, Vietnam, China, dan perwakilan negara Asia Tenggara yang hadir dalam Paviliun AHPADA.

Meskipun ikon dari salah satu provinsi di Indonesia tidak dihadirkan kali ini, tetapi Inacraft mengangkat khusus hasil kreasi seni dan tradisi budaya
Indonesia yang menarik, yaitu alat musik Tradisi Indonesia.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Inacraft tahun ini akan menampilkan alat musik tradisional yang merupakan bagian dari kerajinan tangan khas Indonesia.

"Inacraft tahun ini mengusung sub-tema "World Craftpreneurs Under One Roof" sebagai pendamping dari tema utamanya "From Smart Village to Global Market". Inacraft 2024 menawarkan ragam produk-produk kerajinan Indonesia, seperti fashion (batik dan tenun), sepatu, perlengkapan travel, aksesoris, peralatan rumah tangga, cendera mata, produk dekoratif, mainan, dan masih banyak lagi.

Peresmian Inacraft 2024 dilakukan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki.

Pada pembukaannya, Teten mengapresiasi partisipasi para pelaku UMKM pada pameran kerajinan terbesar di Asia Tenggara ini.

Menurutnya, produk Indonesia memiliki 1,25% pangsa pasar di industri kerajinan di dunia.

Kerajinan Indonesia juga diproyeksikan akan tumbuh dan meningkat seiring dengan kekayaan sumber daya alam dan kreatifitas perajinnya.

Turut hadir juga President Indonesia Joko Widodo (Jokowi) meninjau pameran kerajinan International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024). Jokowi didampingi ibu Negara, Iriana. Selain itu, terlihat juga Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan jajaran pengurus Inacraft dalam momen ini. Jokowi tampak menyambangi stan dan sesekali berhenti untuk berbelanja.

Hasnan Sutanto