Sekda Menghadiri Kegiatan FGD Dalam Rangka Kerjasama BPS dan DISKOMINFOTIK Kabupaten Kapuas Hulu

Senin | 12 Februari 2024 | 13:36:35 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Kapuas Hulu,--Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd. Zaini menghadiri kegiatan Fokus Group Discussion (FGD) Kapuas Hulu dalam angka yang bertempat di gedung Aula Bank Kalbar Putussibau, Senin (12/2/2024).

Evaluasi ini sesuai ketentuan peraturan peraturan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Nomor 3 Tahun 2022, dimana penilaiannya dilaksanakan setiap 2 tahun sekali kepada perangkat daerah yang melaksanakan kegiatan statistik sektoral.

Sekda Kapuas Hulu mengatakan "Melalui kegiatan ini saya juga berharap, penyelenggaraan statistik sektoral untuk mewujudkan satu data satu data Kabupaten, untuk kepada semua perangkat daerah dapat menerapkan prinsip satu data Indonesia yaitu data yang memiliki standar data, meta data, interoperabilitas dan kode referensi" ungkap Sekda.

Dalam akhir sambutan Sekda juga mengucapkan “Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas hulu, saya mengucapkan terimakasih yang tak terhingga atas terlaksananya FGD ini , semoga sinergitas ini menghasilkan data yang akurat sehingga dapat menggambarkan kondisi Kapuas Hulu yang Sebenarnya" .

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik juga memberikan paparan kepada peserta FGD yang di mana menyampaikan "Dalam penyelenggaraan satu data Kabupaten diperlukan sinergitas yang kuat dalam forum data, Yaitu Sekretariat Data (Bappeda) , Pembina Data (BPS), Wali Data (Diskominfotik), dan produsen data (Perangkat Daerah), mengigat data ini sangat penting karena secara umum, data itu menggambarkan capaian kinerja perangkat daerah masing-masing dan sebagai bahan perencanaan, serta sebagai pertimbangan Kepala Daerah sebagai dasar dalam pengambilan keputusan atau kebijakan agar keputusan dan kebijakan yang di buat pun tepat sasaran untuk mewujudkan Kapuas Hulu HEBAT".

Kegiatan FGD Kapuas Hulu Dalam Angka ini juga terlaksana dengan baik dan lancar untuk mewujudkan data yang akurat.

(Hasnan Sutanto)