Jelang Pemilu 2024, FKUB Beltim Gelar Workshop Penguatan Moderasi Beragama

Jumat | 09 Februari 2024 | 22:47:00 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Belitung Timur (Beltim) mengadakan workshop penguatan moderasi beragama sebagai antisipasi politisasi agama jelang Pemilu 2024. Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Beltim Burhanudin di Aula Gallery Tandjoeng Seloekat Pantai Serdang Desa Baru, Kamis (8/1/2024).

Workshop ini bertujuan untuk memperkuat kerukunan umat beragama dan mencegah politisasi agama dalam persiapan menyambut Pemilu 2024.

Menurut Ketua FKUB Beltim Zulfaizin Mahmud, workshop ini sangat penting karena politisasi agama masih menjadi masalah serius di Indonesia, termasuk di Beltim.

" Kami melihat adanya tren politisasi agama di beberapa daerah menjelang Pemilu, dan kami ingin mencegahnya yang akan terjadi di Beltim. Kemudian anggota FKUB yang diundang di sini, supaya memberikan pencerahan pada umatnya masing-masing supaya tujuannya kita berdemokrasi," ujarnya.

Kemudian, ia juga mengungkapkan bahwa moderasi itu untuk kemakmuran beragama bukan untuk memilih agama.

" Tapi yang jelasnya menegaskan umatnya masing-masing supaya setiap ada yang tidak senang, disitulah kita moderasi dan kita ambil jalan tengahnya," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Beltim Burhanudin mengungkapkan bahwa penguatan moderasi beragama juga perlu didorong sebagai bentuk penguatan diri masyarakat untuk melawan hal negatif dari politisasi agama.

" Oleh karena itu, kita harus terus bersinergi dan berkolaborasi guna mensosialisasikan moderasi beragama secara sistematis, terstruktur dan masif di kalangan masyarakat," kata Aan sapaan akrab Burhanudin.

Ia juga mengajak agar menjaga persatuan dan kerukunan bersama untuk mewujudkan Beltim yang aman dan kondusif guna menyukseskan Pemilu 2024 yang aman, damai, bermartabat dan berkualitas.

" Dan mari kita sama-sama tetap mengedepankan persatuan dan kesatuan, serta menjaga kondusifitas daerah kita, terutama keharmonisan hidup umat beragama di Beltim jelang Pemilu yang beberapa hari lagi akan kita laksanakan," ajak Aan.