Bupati Beltim Bagikan Penghargaan Kepada Wajib Pajak Daerah

Senin | 05 Februari 2024 | 11:52:21 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Pemberian Penghargaan Kepada Wajib Pajak Daerah oleh Bupati Belitung Timur diselenggarakan, Senin, (5/2/2024). Pemberian Penghargaan kepada Wajib Pajak Daerah ini bertujuan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan kewajiban Perpajakan sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Dalam kegiatan ini penerimaan penghargaan meliputi :

1. Kategori Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan

2. Kategori Kolektor PBB

3. Kategori Desa Terbaik

4. Kategori Pajak Air Tanah

5. Kategori Pajak Penerangan Jalan

6. Kategori Pajak Hotel dan Restoran

7. Kategori Pajak Sarang Burung Walet.

Bupati Belitung Timur Drs. Burhanudin berharap para Wajib Pajak Daerah dapat mempertahankan dan meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan.

" melalui pemberian penghargaan kepada Wajib Pajak daerah tahun ini, diharapkan para Wajib Pajak Daerah dapat mempertahankan dan meningkatkan kepatuhan dalam melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan aturan perundangan-undangan yang berlaku," ungkapnya.

Aan, panggilan dari Bupati Belitung Timur Burhanudin itu menambahkan acara penghargaan ini sebagai rasa syukur atas keberhasilan dalam pemungutan pajak.

" Acara Pemberian Penghargaan ini juga sebagai ungkapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT, atas keberhasilan dalam pemungutan pajak dan ungkapan rasa terimakasih atas partisipasi aktif masyarakat selaku Wajib Pajak," ujarnya.

Berdasarkan data dari Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung Timur, realisasi pajak daerah yang telah masuk ke kas daerah Kabupaten Belitung Timur per 31 Desember 2023 adalah sejumlah Rp. 55.223.937.728,88,-. Dari pagu anggaran sebesar Rp. 51.049.854.537,-.atau persentase penerimaan pajak daerah sebesar Rp.109,18% dengan penyumbang pajak terbesar pajak mineral bukan logam dan batuan sebesar Rp. 30.601.816.758,- Dari pagu anggaran sebesar Rp. 35.002.635.102,- (104,57%).

Aan berharap penerimaan wajib pajak akan lebih baik dari tahun 2023.

" Diharapkan Penerimaan Pajak daerah pada akhir tahun 2024 ini akan lebih baik dari pada tahun 2023 yang lalu, tentunya dengan target pajak daerah total secara menyeluruh yang juga dinaikkan," ungkapnya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa belum semua anggota masyarakat memiliki kesadaran penuh untuk membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, membayar tepat pada waktunya dan tertib administrasi.

Melalui penghargaan ini dapat memberikan motivasi kepada para wajib pajak untuk senantiasa membayarkan pajaknya dengan tertib administrasi dan tepat waktu. (RIS)