Polda Kalbar laksanakan Gelar Pasukan Operasi Aman Cendekia Kapuas Tahun 2023.

Selasa | 21 November 2023 | 19:44:24 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-PONTIANAK - KALBAR,--Polda Kalbar Laksanakan Gelar Pasukan Operasi Aman Cendekia thn 2023 di lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Selasa (21/11/23).

Gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto dan dihadiri juga oleh Pejabat Utama Polda Kalbar, Forkopimda dan Stake Holder terkait dalam kegiatan ini.

Sekitar 2.300 personel TNI Polri dan 1 Peleton Sat Pol PP diturunkan dalam melaksanakan pengamanan Kongres HMI yang ke- XXXII dan Munas Kohati yang ke-XXV thn 2023 yang berlangsung di Kalimantan Barat.

Dalam amanatnya Kapolda Kalbar menyampaikan berdasarkan perkiraan Intelijen perserta yang hadir dalam Event tersebut berjumlah kurang lebih 5.700 orang, berasal dari Se-antero Nusantara, direncakan Opening Ceremony akan di hadiri dan di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo serta beberapa Tamu VIP lainnya, seperti Menteri dan Tokoh Nasional yang menjadi Narasumber dalam rangka Kegiatan.

"Event tersebut akan mengundang Konsentrasi massa dalam jumlah besar, yang dapat menimbulkan berbagai potensi kerawanan seperti kemacetan, Over Capacity Partisipan yang sulit di kontrol, kericuhan antar peserta Kongres karena katidakpuasan terhadap hasil Kongres dan Unjuk Rasa Kelompol tertentu atas kehadiran pejabat Negara terhadap kebijkan pemerintah", ucap Kapolda Kalbar.

Ia menekankan agar seluruh Personel siap sedia kapanpun dibutuhkan dan bertindak sesuai SOP yang berlaku dalam melaksanakan pengamanan rangkaian kegiatan tersebut serta melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh, dengan penuh rasa tanggung jawab, Humanis, dan Profesional.

"Saya harapkan kegiatan yang kurang lebih 10 hari ini dapat berjalan dengan baik dan tidak ada ancaman apapun, sebagaimana kita tahu kegiatan ini cukup besar karna akan dihadiri Mahasiswa dari seluruh Nusantara," tegas Kapolda Kalbar.

"Minimalisirkan pelanggaran apapun dan bertindaklah sesuai prosedur, sesuai ancaman gangguan yang ada di lapangan nantinya, dan juga tetap waspada, jangan lengah dan lakukan komunikasi aktif dengan Stake Holder terkait". Tutup Irjen Pol Pipit Rismanto.

(Hasnan Sutanto)