Antisipasi Penyakit DBD, Seluruh Lingkungan Rutan Cipinang Di Fogging

Selasa | 19 September 2023 | 17:41:54 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Antisipasi Penyakit DBD, Seluruh Lingkungan Rutan Cipinang Di Fogging

Jakarta, Mediakota.com,_ Demam Berdarah (DBD) masih menjadi ancaman serius di Indonesia. Pasalnya penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti dikabarkan meningkat dan membahayakan. Menanggapi hal tersebut, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta bergerak cepat dengan melakukan Fogging yaitu tindakan pengasapan dengan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk secara luas ke seluruh area Rutan tanpa terkecuali, Selasa (19/9).

“Fogging ini kita laksanakan bersinergi dengan Dinas Kesehatan Puskemas Kecamatan Jatinegara, karena ada beberapa pasien yang kami curigai terkena demam berdarah dan belom dapat kami tangani karena masih menunggu hasil laboratorium, sehingga kami melakukan tidakan preventif dengan melakukan fogging pada hari ini,” ucap dr.Bene yang turut mengawasi kegiatan fogging.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas I Cipinang Sukarno Ali mengatakan kita terus berupaya serius dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga binaan dan ini merupakan salah satu langkah preventif untuk menekan serta mencegah risiko penyakit DBD di lingkungan Rutan.

“Pengasapan itu tidak hanya dilakukan di dalam blok hunian saja, tetapi juga meliputi ruangan perkantoran, tempat ibadah, fasilitas umum, selokan-selokan, dapur rutan hingga menyebar keseluruh area Rutan Cipinang,” jelasnya.

Selain itu, kami juga menghimbau kepada seluruh petugas dan warga binaan dilingkungan Rutan Kelas I Cipinang untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih, menjaga kesehatan dan menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan. “Semoga dengan dilakukannya Fogging secara menyeluruh dapat mencegah kita semua dari Demam Berdarah,” tambahnya.

( Gusdin )