Pj. Gubernur Babel Hadiri Seminar Budaya Se- Babel

Senin | 18 September 2023 | 14:42:57 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Belitung - Seminar Budaya Se-Bangka Belitung dihadiri oleh Penjabat (Pj.) Gubernur Babel, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, A.P., M.Si., M.Si., dan sekaligus narasumber Seminar budaya Se bangka Belitung yang berlangsung di Kampus Politeknik Belitung, Jl. Telex Dalam Air Ketekok, Kec. Tanjungpandan-Belitung, pada Senin, 18 September 2023.

Berdasarkan rilis yang diterima, Acara ini diselenggarakan oleh Politeknik Belitung dengan tema Our Culture, Our Future: Urgensi Memperkuat Eksistensi Adat dan Budaya Sebagai Potensi Daya Tarik Wisata. Narasumber utama adalah Pj. Gubernur Babel, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, A.P., M.Si., M.Si., dan Agisantri sebagai moderator yang akan memadu seminar budaya ini.

Seminar ini dihadiri oleh berbagai organisasi perangkat daerah Provinsi dan Daerah, seperti Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Provinsi Babel, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Bangka Belitung, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Sosial dan PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,,Dinas Pariwisata Babel, Disperindagkop Babel, dan lainnya.

Hadir juga dalam acara ini adalah Bupati Belitung H. Sahani Saleh, Bupati Belitung Timur yang diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur Evi Nardi S.Sos, Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Lila Nasution, S.H., M.Hum, Danlanud Belitung, Ketua Pengadilan Tanjungpandan, Kapolres Belitung, Dewan Pembina Yayasan Belitung Berehun Andi Saputra, Sekda Belitung MZ Hendra Caya, Kadinsos P3A Kabupaten Belitung Kasimin, S.IP, MAB, serta beberapa Camat di Belitung.

Turut hadir juga Ketua Lembaga Adat Melayu Kabupaten Belitung, Achmad Hamzah, Lembaga Adat Melayu Kabupaten Belitung Timur, Andi Susanto, Ketua Forum Kedukunan Adat Belitong (FKAB), Mukti Maharif, dan Sekretaris FKAB, Sayono Alias Obeng. Acara ini juga dihadiri oleh Majelis Ulama Kabupaten Belitung, FKUB Kabupaten Belitung, PCNU Kabupaten Belitung, PD. Muhamadiyah Kabupaten Belitung, DPD. KNPI Kabupaten Belitung, DPD KNPI Kabupaten Belitung Timur, Ketua Umum Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Agus Pahlevi, serta anggota ASPPI Belitung, Sugianto (Totok Lebong), dan ASITA Kabupaten Belitung.

Dari kalangan civitas akademik Poltek Belitung, hadir Direktur Poltek Belitung, Hartian Ramadhan, beserta sejumlah dosen seperti Drs. Suhardi Ishak, MSi, Farid Wadjidi, dan dosen lainnya, serta mahasiswa Poltek Belitung.

Mengenai seminar budaya ini, Bupati Belitung H. Sahani Saleh S.Sos dalam acara seminar budaya ini sangat menyambut baik acara ini semoga dapat memberikan kontribusi untuk pembangunan Belitung.

Sedangkan Ketua Lembaga Adat Melayu Belitung, Achmad Hamzah, menyatakan bahwa kegiatan ini sangat positif dalam rangka memperkuat pengembangan adat dan budaya, yang tentunya dapat bersinergi dengan pengembangan wisata di Pulau Belitung, yang saat ini tengah menjadi sorotan pemerintah daerah dalam rangka pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Ketua FKAB (Forum Kedukunan Adat Belitung, Mukti Maharif, menyampaikan dukungannya terhadap seminar ini, dengan harapan agar acara ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan Belitung yang lebih maju dan sejahtera.*