Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. Kita Harus Ingat Falsafah Indonesia Itu Bhinneka Tungg

Senin | 18 September 2023 | 12:46:32 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. Kita Harus Ingat Falsafah Indonesia Itu Bhinneka Tunggal Ika.

Jatiwaringin, Mediakota.com,_ Sukses digelar Acara Pembukaan Hajatan Betawi ke-4 pada Sabtu dan Minggu, 16 - 17 September 2023 bertempat di Universitas Islam As-Syafiiyah di Jl. Raya Jatiwaringin No.12, RT.006/RW.005, Jaticempaka, Kec. Pd. Gede, Kota Bekasi, Jawa Barat 17411.

Ditemui awak media, Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa mengatakan,
"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya Boy Rafli Amar, hari ini hadir pada kegiatan masyarakat Betawi keempat dan sebagai warga masyarakat DKI Jakarta saya sangat suka sekali dengan masyarakat Betawi, memang dari kecil saya sangat suka adat Betawi bahkan saya juga bersekolah di sekolah Betawi dan guru-guru saya juga dari Betawi, jadi Kebetulan sekali," kata Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa.

Lebih lanjut Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa melanjutkan pandangannya mengenai kegiatan masyarakat adat Betawi keempat ini, Saya melihat kegiatan ini adalah sebuah kegiatan yang merupakan
bagian dari Adat budaya Betawi, dimana Adat budaya Betawi adalah bagian dari kekayaan budaya bangsa Indonesia yang harus terus kita pelihara dan kita jaga dengan segala keanekaragamannya untuk menjadi penguatan budaya Indonesia di dalam menghadapi pengaruh yang terus masuk dari luar yang dapat merusak kepribadian moral daripada bangsa Indonesia," sambungnya.

Kombes Pol Purnawirawan Boy Rafli Amar ini menuturkan juga bahwa pada giat ini oleh karena itu kita serempak mewujudkan menggabungkan unsur pelajar SMP SMA bisa menjadi bagian daripada giat masyarakat adat Betawi yang kelima mendatang," tutur Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa.

Puncaknya, Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa mengungkapkan harapan kedepannya,
"Mudah-mudahan budaya adat Betawi bisa memperkokoh di tengah arus globalisasi dan modernisasi bangsa kita Indonesia ini.
Jadi harapan saya sebagai warga negara yaitu kita ingin negara aman dan suasana kebatinan masyarakat Indonesia bukan merupakan harapan terbesar tetapi yang penting adalah pemimpin bangsa yang membawa Indonesia semakin membawa kehormatan Indonesia lagi yang semakin maju lagi, kita sebentar lagi menuju Indonesia yang semakin maju Indonesia emas 2045.
Apa saja yang sudah dicapai selama ini kita capai, kita nikmati di alam kemerdekaan tetapi tidak lupa kita menjaga kerukunan menjaga persahabatan menjaga keharmonisan dengan berbagai pihak termasuk di dalam berbagai kegiatan politik itu bisa membuat suasana menjadi tidak nyaman, tetapi kita harus balik dan ingat bahwa Indonesia itu Falsafahnya adalah Bhinneka Tunggal Ika, " pungkas Komjen. Pol. (Purn.) Dr. Boy Rafli Amar, M.H. gelar Datuak Rangkayo Basa.

( Gusdin )