Universitas Panca Sakti Bekasi Resmi Buka Prodi Magister PAUD Satu-Satunya di Indonesia

Kamis | 14 Oktober 2021 | 09:57:27 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta

Panca Sakti University Bekasi telah resmi memperoleh izin operasional program pasca sarjana dengan 1 program study yaitu Magister Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Program ini menjadi kebanggaan kita semua karena ini merupakan program satu-satunya yang di selenggarakan oleh Perguruan Tinggi swasta di Indonesia.

Demikian dikatakan Direktur Pascasarjana Universitas Panca Sakti Bekasi, Dr. Nita Priyanti, M. Pd. pada media di Kampus Induk Jalan Hankam, Kota Bekasi, Rabu, 13/10/2021.

"Kami cukup bangga dengan program Magister Pasca Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang baru pertama di Indonesia ada di Universitas Panca Sakti Bekasi bahkan di Indonesia pada Universitas Sawasta."Tambah Nita.

Ia juga menceritakan proses pengajuan izin oprasional Magister PAUD dengan terlebih dahulu melakukan treses study dan analisis word hingga pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Ristek resmi mengeluarkan izin dengan sertifikat baik tahun 2021 dengan nomer izin: 281/G/0/2021.

"Tentunya dengan harapan Program Magister Paud ini dapat menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan sekolah atau kuliah dibidang Paud." Terang Nita lagi.

Terkait masih bayaknya Dosen yang mengajar pada Prodi Paud yang belum linier SI dan S2 Ia memberikan masukan bahwa Universitas Panca Sakti Bekasi menjadi pilihan bagi Dosen-dosen yang tadinya belum linier S2 Paud untuk bergabung.

Tentang pelaksanaan tugas akhir yang dilaksanakan oleh mahasiswa ia menerangkan bahwa tidak ada tesis tetapi projek penelitian bersama dosen.

"Tugas akhir mahasiswa nanti akan dilakukan dengan cara projek penelitian  bersama Dosen yang projek penelitiannya itu bermanfaat untuk bidang Paud di Indonesia sehingga harapan kami dengan lulusan Magister-magister Paud di Universitas Panca Sakti Bekasi ini akan lebih memberikan kontribusinya terhadap perbaikan Paud di Indonesia." Terangnya.

"Jadi tidak ada tesis namun yang ada tugas akhir bersama Dosen melalui projek penelitian yang nanti endingnya projek penelitiannya di publikasikan pada jurnal nasional dan internasional."

Di tempat yang sama, Dr.H. Agus Sudarya, M.M. MSc usai mengisi acara pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru bagi program Pasca Sarjana Magister Paud tahun akademik 2021/2022 mengatakan sangat bagus.

"Kampus-kampus Swasta harusnya mempunyai sikap seperti  Universitas Panca Sakti Bekasi, jangan hanya membuka prodi-prodi yang biasa-biasa saja, prodi magister PAUD diseluruh Universitas Swasta di Indonesia hanya ada di Universitas Panca Sakti Bekasi, ucapnya.

Sementara Ketua Yayasan Panca Sakti Bekasi ditempat yang sama berharap kepada mahasiswa program Magister Paud angkatan pertama ini dapat mengikuti materi-materi yang telah disiapkan dan akan disampaikan oleh Dosen-dosen Paud yang telah S3 dengan baik.

Ia juga menjelasan bahwa keberadaan dari program  Magister Paud ini merupakan rencana induk pengembagan kampus Univercity Panca Sakti Bekasi disampping sebagai tindak lanjut dari kebijakan pemerintah yang telah mencanangkan  adanya generasi emas di tahun 2045 pada ulang tahun kemerdekaan ke 100 tahun.

"Anak-anak yang lahir ditahun ini atau balita merupakan geberasi emas di tahun 2045 oleh karena itu kita harus mempersiapkan mereka dengan baik dalam lingkungan Paud yang berkualitas. Paud yang berkualitas harus dilaksanakan oleh orang-orang yang profesional." Terang Nursal.

"Harapannya, dengan keberadaan Magister Paud ini dapat menciptakan insan-insan Paud yang profesional yang akan memberikan kontribusinya kepada negara  dalam mempersiapkan generasi emas ditahun 2024." Harapnya. (yurike)