Gubernur Kalbar Sampaikan Ekspose Persiapan MTQ Provinsi Kalbar ke-XXIX di Sintang

Rabu | 29 September 2021 | 20:14:03 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-PONTIANAK KALBAR,-- Gubernur Kalimantan Barat [Kalbar] H. Sutarmidji S.H., M.Hum., menyampaikan eksopse persiapan MTQ Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalbar yang akan diselenggarakan di Kabupaten Sintang pada tanggal 15-30 November 2021 mendatang, di Aula Serbaguna Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Rabu (29/9/2021).

Dihadiri seluruh Pengurus LPTQ se-Kalimantan Barat secara daring dan dilanjutkan dengan peresmian logo dan maskot MTQ Ke XXIX Tingkat Provinsi Kalbar.

Pada tahun ini, panitia penyelenggara memperkenalkan Maskot *Si Entuyut* yang merupakan tanaman endemik yang berasal dari Kabupaten Sintang yaitu tanaman kantong semar.

Adapun makna dari *Si Entuyut* artinya sebagai simbol kebesaran daerah Kabupaten Sintang berpikiran kebangsaan dan siap mengabdi kepada masyarakat serta memegang penuh alquran sebagai pedoman dalam berkehidupan.

Pada kesempatan tersebut, gubernur menyampaikan, Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi di Kabupaten Sintang ini harus betul-betul memperhatikan protokol kesehatan.

Pada saat pembukaan jangan menimbulkan kerumunan.

Dan untuk kafilah boleh saja berada di sintang, namun harus di lokasi yang terpisah dan dihubungkan secara virtual dari arena utama sehingga semaraknya bisa dirasakan seluruh masyarakat sintang, harapnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Provinsi Kalbar Brigjen Pol [Purn]. Andi Musa mengungkapkan, untuk kesiapan penyelanggaran MTQ Ke XXIX di Kabupaten Sintang sudah mencapai 80 persen.

Untuk keseluruhan kesiapan Kabupaten Sintang sudah siap dan kita akan komunikasikan di 14 Kabupaten/Kota di Kalbar untuk mempersiapkan diri.

Sesuai arahan gubernur para kafilah yang ikut lomba harus sudah di vaksin dan pcr serta menerapkan protokol kesehatan.

Kami akan melakukan pengecekan langsung ke lokasi di sintang pada tanggal 3 november, guna meninjau venue dan persiapan tempat perlombaan, ungkap Ketua LPTQ Provinsi Kalbar Brigjen Pol [Purn]. Andi Musa.

Selain itu juga, LPTQ Provinsi Kalbar sedang mempersiapkan STQ Tingkat Nasional yang akan diadakan Provinsi Maluku Utara dalam waktu dekat.

Meskipun demikian, Dirinya bersama tim LPTQ Provinsi Kalbar sudah mempersiapkan dari jauh hari.

Memang kami ada dua agenda yang harus kami persiapkan saat ini, selain MTQ tingkat Provinsi Kalbar, pada tanggal 13 Oktober sampai tanggal 24 Oktober, kami juga akan memberangkatkan peserta STQ Tingkat Nasional ke Maluku Utara, tutupnya.(Khairul)