Bupati Launching Calendar of Event *Harmoni Lombok Barat* 2021

Kamis | 25 Februari 2021 | 09:49:15 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-
LOMBOK BARAT ,
Pemukulan gong oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menandakan Calendar of Event kepariwisataan di Kabupaten Lombok Barat tahun 2021 ini siap untuk diselenggarakan.

Dibungkus dengan tema besar yaitu Harmoni Lombok Barat. Launching sendiri digelar di Supermarket Oleh-Oleh Sasaku Senggigi Lombok, Rabu (24/2).

Walaupun berjalan sederhana, kegiatan terasa meriah dengan atraksi kesenian dan penampilan spesial dari musisi Ary Juliant, dan Suradipa.

*Untuk kick off Harmoni Lombok Barat ini dimulai dengan Parade Musik Akustik. Ada 16 event yang akan kita selenggarakan, tersebar di semua destinasi untuk kita perkenalkan kepada masyarakat luar, bahwa Lombok Barat tidak hanya Senggigi, tidak hanya Sekotong, tidak hanya Narmada namun juga kita memiliki desa-desa unggulan untuk kepariwisataan,* kata Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat H. Saepul Akhkam dalam sambutannya.

Agenda promosi pariwisata ini diharapkan mampu memberikan suntikan semangat bagi para pelaku pariwisata dalam menjalan usaha mereka dan berujung pada pemulihan dan pendorong pemulihan ekonomi di Lombok Barat dan nasional.

Karena masih dalam kondisi pandemi global Covid-19, dalam penyelenggaraannya, CoE 2021 ini diungkapkan Akhkam berusaha untuk diselenggarakan dengan konsep kenormalan baru. Menurutnya, pandemi Covid-19 tak seharusnya menjadi penghalang untuk terus berkreasi dan bergerak.

*Kegiatan kepariwisataan ini tidak boleh melemah akibat pandemik global Covid-19, namun juga jangan sampai kemudian kita mengorbankan kesejahteraan dan keselamatan warga masyarakat dengan tidak menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu kegiatan offline kami batasi, kita beralih ke kegiatan-kegiatan yang berbasis pada online,* paparnya.

Tema Harmoni Lombok Barat sendiri menuai pujian langsung dari Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid yang hadir membuka kick off CoE Lombok Barat 2021.

Walaupun diungkapnya tema Harmoni Lombok Barat belum sempat dikonsultasikan ke dirinya, namun setelah mendengarnya, iapun langsung setuju.

*Tema ini awalnya saya tidak tahu, dan tidak dikonsultasikan oleh kadis pariwisata ke saya, saya kok langsung setuju dan bangga dengan tema ini,* ucap bupati.

Kenapa? lanjutnya, Harmoni itu berasal dari bahasa Yunani yaitu Harmonia yang berarti Keterikatan semua faktor untuk meningkatkan kedamaian, keselarasan, dan keserasian, jelas bupati dua periode ini.

*Semua faktor, jadi tidak hanya orang, tetapi juga seluruh alam raya ini, keterikatan manusia dengan alam, keterikatan antar sesama manusia dan keterikatan semua unsur untuk bisa menciptakan keserasian, kedamaian di Kabupaten Lombok Barat ini,* lanjutnya.

Terselenggaranya CoE tahun ini kemudian diungkapkan Akhkam tidak lepas dari dukungan banyak pihak, selain dari Forkopimda Lombok Barat sendiri, dukungan dari para pelaku pariwisata yang ada di Lobar memberikan peran besar dalam perancangan hingga ke penyelenggaraan CoE ini nantinya.

*Kegiatan-kegiatan yang tercermin dalam Harmoni Lombok Barat tidak akan bisa terselenggara, apabila tanpa dukungan para pelaku pariwisata baik yang ada di perhotelan, rumah makan dan restoran maupun agent perjalanan,* lanjutnya.

Terakhir Akhkam berpesan kepada para pelaku pariwisata untuk *menjual*Calendar of Event ini menjadi event dan agenda tetap yang bisa ditawarkan kepada pihak yang mencintai perjalanan, dan menunjukkan pada semua orang bahwa Lombok Barat masih indah, akan tetap indah dan akan selalu indah. (MK 02)