KSOP Banten Gelar Bimtek Keselamatan Pelayaran KMP Lintas Merak - Bakauheni

Jumat | 25 Oktober 2019 | 11:20:09 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Cilegon - Dalam rangka meningkatkan standar kelengkapan keamanan dan keselamatan kepada penumpang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten, menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Keselamatan Pelayaran Kapal Motor Penumpang (KMP), kepada pelaku usaha pelayaran di lintasan penyeberangan Merak - Bakauheni, di salah satu hotel di Cilegon, Kamis (24/10/2019).

Kepala KSOP Kelas l Banten, Herwanto mengatakan bimbingan teknis ini sebagai tindak lanjut Instruksi Menteri perhubungan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 tentang peningkatan keselamatan transportasi pada kapal penumpang.

"Melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku pelayaran, baik operator kapal, maupun pengusaha kapal akan pentingnya keselamatan penumpang, sehingga memiliki komitmen," kata Kepala KSOP Kelas l Banten, Herwanto.

Herwanto mengakui, masih banyak pelanggaran berupa alat keselamatan yang tidak terpasang dengan baik, serta alat pemadam kebakaran yang tidak berfungsi saat dilakukan pemeriksaan. Untuk itu, pihaknya juga menghadirkan Direktorat Perkapalan dan Kepelautan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, untuk menyampaikan tata cara dan aturan kelaikan kapal.

"Pasca digelarnya bimtek ini, tentunya tidak ada lagi negoisasi untuk menjamin keselamatan penumpang kapal. Selain itu, pihaknya, akan memberikan sanksi jika masih ditemui adanya pelanggaran," ungkapnya. (Sari).