KITONG BISA SORONG - GERAKAN PAPUA MUDA INSPIRATIF BERSIH-BERSIH SAMPAH

Senin | 23 September 2019 | 06:28:53 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-
Sorong,----
Ratusan anak-anak remaja asli Papua berusia 13-20 tahun tampak padat memenuhi jalan-jalan di Kota Sorong, membersihkan botol-botol dan sampah-sampah yang dbuang secara sembarangan oleh masyarakat. Sesekali, remaja-remaja Papua tersebut berhenti, dan mendengar instruksi dari pengajar mereka tentang perbedaan antara jenis-jenis sampah, dan bagaimana mengelolanya.

Gerakan ini adalah bagian dari pergerakan internasional:"Worlds Clean Up Day" yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dari sampah yang dibuang sembarangan. Kota sorong tak terkecuali, dengan Kitong Bisa Learning Center sebagai salah satu organisasi yang berkolaborasi mendorong terselenggaranya acara ini.

Di seluruh dunia, ada 157 negara yang secara serempak melakukan clean up day ini, seperti tercatat dalam laman organisasi perserikatan bangsa-bangsa. Pergerakan ini dilakukan dengan harapan bahwa seluruh negara di dunia dapat mengalami peningkatan kesadaran tentang permasalahan lingkungan yang kritis ini.

Rona Sibarani, salah satu pendiri dan penggerak Pusat Belajar Kitong Bisa menerangkan bahwa dengan bergabung dan berkolaborasi dengan pergerakan ini, menunjukkan kepedulian Kitong Bisa terhadap masalah sampah yang sangat kritis di Kota ini. Rona menjadi bagian dan pendorong dan penggerak worlds clean up day di kota Sorong.

"Kitong Bisa berharap, anak-anak didik kami dapat mengerti tentang masalah sampah yang sangat kritis di Kota Sorong, dan terpanggil untuk berkontribusi mengurangi permasalahan tersebut," Ujar Rona, yang juga dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Sorong.

Ribka dan Killi Gaman, dua orang pendidik di Rumah Belajar Kitong Bisa Sorong menyatakan bahwa Pendidikan lingkungan merupakan bagian tidak terpisahkan dari kurikulum yang diajarkan di pusat belajar tersebut. "Oleh sebab itu, dengan mengajak remaja Papua ini membersihkan lingkungan, maka dalam jangka panjang memberikan ingatan bawah sadar di dalam pikiran mereka bahwa mereka juga harus berkontribusi dalam penyelesaian permasalahan lingkungan ini.

Kitong Bisa adalah satu dari inisiatif-inisiatif yang digerakan oleh anak-anak Muda Papua berada dalam suatu jejaring kolaborasi yang disebut dengan: Papua Muda Inspiratif.

Papua Muda Inspiratif adalah sebuah gerakan dari anak-anak Muda asli Papua yang cinta dan ingin berkontribusi membangun dan mensejahterakan Tanah Papua lewat karya-karya nyata mereka. Anak-anak tersebut telah memiliki prestasi dan pencapaian di berbagai bidang, mulai dari Teknologi, Science, Ilmu Pengetahuan, Seni dan Hiburan, Bahasa dan Budaya, Pendidikan, Kesehatan, dan berbagai bidang lain. Papua Muda Inspiratif juga beranggotakan anak-anak Muda Asli Papua Diaspora yang ada di seluruh negara, di 5 benua di Dunia. Kami mengundang semua anak-anak muda Papua untuk bergabung bersama kami bersatu, bersinergi, berkarya, berinovasi, dan menginspirasi anak muda lainnya diseluruh belahan bumi. Dari Papua untuk Papua dan oleh Papua bagi Indonesia. Follow Instagram kami di: @papuainspiratif (fz)