Iden Gobel Resmi Jabat Ketua Umum Baru APJI Masa Bakti 2019-2024

Kamis | 21 Februari 2019 | 23:33:20 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta,--
Musyawarah Nasional (Munas) Ke-IV Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) yang berlangsung selama tiga hari dan berakhir sore ini (21/2/2019) salah satu agendanya memilih ketua baru masa bakti 2019-2024, Munas ini cukup alot dan melalui perdebatan panjang akhirnya Munas tersebut menetapkan IDEN GOBEL resmi jabat ketua umum baru menggantikan ketua lama Rahayu Setiawati.

Ketua Pimpinan Sidang, Fahrur Rosidi, ketika diminta komentarnya mengatakan,
Ini merupakan kesemptan bagi APJI untuk mendapatkan lidership baru yang memiliki visi-misi yang berbeda dengan kepemimpinan sebelumnya.

Dikatakan Fahrur Rosidi, Secara prosedur dan aturan organisasi penetapan Iden Gobel sudah memenuhi ketentuan yang diatur oleh anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi, ini akan menjadi darah baru di tubuh APJI, bahwa kalau ada riak-riak kecil dalam proses pemilihan yang berlangsung baru-baru itu hal biasa dan ketua yang baru tentu akan melakukan rekonsiliasi kepada seluruh stake-holder dan seluruh anggota dan pendukung ke dua belah pihak yang berkempetisi dalam rangka menuju pemenangan memperebutkan kursi ketua, agar kembali bersatu seperti sedia kala sebeb ini merupakan iven reguler dan kita kembali bersama-sama memajukan organisasi ini, jika ada permasalahan mari kita selesaikan secara kekeluargaan namun tetap kita berpegang teguh pada aturan organisasi," ucap Fahrur Rosidi.

"Harapan ke depan, semoga visi-misi baru APJI dapat terlaksana dengan baik, fokus kita adalah kesejahteraan anggota, bukan pada serimonial semata, fokus ketua baru adalah membuat arah baru organisasi," ujar Fahrur lagi.

Ketika ditanya terkait dengan tidak memenuhi syarat administrasi pihak Rahayu Setiawati dan tidak masuk sebagai calon ketua baru, ia mengatakan,
sudah menjadi ketentuan dalam konstitusi organisasi (AD-ART) bahwa hal-hal yang administratif itu menjadi syarat pokok untuk tahapan selanjutnya, hal ini diatur dalam tata tertib dan anggaran dasar rumah tangga pasal 30 yang mengatur persyaratan menjadi bakal calon, "ada beberpa dokumen komponen yang tidak bisa dipenuhi oleh pihak ibu ayu sehingga akhirnya panitia Stering Comite membatalkan pencalonannya karena dianggap tidak memenuhi syarat sebagai bakal calon kandidat sehingga gugur dengan sendirinya," jelas Fahrur Rosidi.

"Sementara pihak Rahayu Setiawati merasa kalau ada hal-hal yang sifatnya administratif seharusnya tidak menjadi masalah, karena bukan substansial," tambah Fahrur.

Ia menjelaskan, lSyarat mutlak sebagai bakal calon antara lain, bakal calon tidak memiliki atau menjadi terpidana pada putusan pengadilan tingkat pertama, ke dua adalah ijazah, pada saat ferifikasi dokumen ijazah tersebut tidak ada, ternasuk surat keterangan perusahaan di mana harus lengkap tapi beliau hanya mencantumkan tanda daftar usaha, itu kita anggap tidak lengkap dan tidak memenuhi syarat selaku bakal calon ketua, kita melakukan ferifikasi ulang, kepada SC dan SC mengatakan ia tidak memenuhi syarat pencalonan," sambung Fahrur.

Jadi yang menntukan memenuhi syarat atau tidak adalah SC dan kami sebagai pimpinan sidang hanya mempasilitasi saja dan SC mengeluarkan statemen tertulis bahwa ia tidak memenuhi syart pencalonan.

"Pada dasarnya kita ini pengusaha yang tentu cari untung, apabila pengurus APJI yang baru dilantik ini bisa memberikan arah baru ke arah lebih propesional, tentu seluruh anggota menyambut baik," tegas Fahrur.

Pada kesempatan yang sama, ketua terpilih IDEN GOBEL, menyatakan optimis menjadikan APJI menjadi yang terdepan, program seratus hari pertama kami adalah mengadakan pengukuhan kepada beberapa Dewan Pimpinan Daerah tingkat Propensi (DPD) APJI, di antaranya akan segera dikukuhkan dalam watu dekat ini antara lain, DPD propensi Maluku, DPD Maluku Utara, DPD Gorontalo dan DPD Kepulauan Riau dan termasuk DPD lain akan menyusul.

"Saya akan datang ke daerah-daerah dan merangkul semua, saya ingin tahu apa-apa saja yang dibutuhkan termasuk program apa yang sekiranya bisa kita bantu dalam upaya memajukan sekaligus mensejahterakan seluruh anggota," ucap Iden.

"Saya Mengikuti aturan dan mekanisme, malam ini saya dilantik seperti ini tentu saya terima dan kawan-kawan semua marilah kita sama-sama membesarkan APJI untuk kemajuan bersama," ucap Iden berharap. (fz)