Ketua APTISI, Budi Djatmiko: Kampus Yang Tidak Siap Hadapi Era Digital Akan Hancur

Selasa | 28 November 2017 | 18:25:55 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta, ---

Ketua Umum Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Budi Djatmiko berharap agar Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Panca Sakti yang memiliki banyak peminat ini ke depan makin maju dan berkembang dengan baik. "Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang mempersiapkan para siswanya sebagai calon guru ini nantinya bisa menghadapi era digital disruption yaitu era mengejutkan, nantinya kampus-kampus kokoh sekalipun dan sekolah-sekolah tinggi akan hancur kalau sejak dini tidak mempersiapkan diri terhadap era digital yang sudah mulai berlaku sekarang ini, karena pendidikan dalam waktu dekat berbasis IT," ucap Ketum APTISI, Budi Djatmiko, ketika dimintai komentarnya pada acara wisuda ke IX STKIP Panca Sakti, bertempat di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada pagi ini, Selasa (28/11/2017).

Dikatakan Budi Djatmiko, perguruan tinggi yang belum mempersiapkan itu semua nantinya akan terkejut seperti terkejutnya para sarjana ekonomi dengan sistem yang sekarang berubah yakni Online sistem, perdagangan berbasis the new marketing plice, ini akan menjadikan sarjana ekonomi, sarjana Managmen dan sarjana marketing terkejut, disebabkan di bangku kuliah dulu tidak diajarkan sementara suasana di luar sudah berubah dengan sangat signifikan karena sudah masuk era digital.

Pendidikan kejuruan harus mampu memberikan kesadaran karena kelak setelah menjadi guru sistem pengajaran sudah berbasis online," tegas Budi.

"Kalau dosen dan semua guru tidak mempersiapkan itu semua kepada anak didik maka anak didik menjadi tidak siap menghadapi digitalisasi yang makin berkembang dengan sangat pesat akhir-akhir ini," tegas Budi meyakinkan. (Fauzi).